Memahami cara melancarkan air asi memang bisa dikatakan wajib dilakukan oleh para ibu baru. Asi yang merupakan makanan terbaik untuk bayi tentu saja akan membantu bayi bisa tumbuh dengan sehat. Bayi yang baru lahir sama sekali tidak membutuhkan makanan lainnya kecuali asi. Asi memiliki nutrisi yang paling lengkap untuk bayi nutrisi yang dikandung di  dalam asi sudah mampu mencukupi kebutuhan nutrisi makanan untuk bayi. Sehingga ibu harus memenyhu kebutuhan nutrisi makanan tersebut yang tentu saja akan membuat bayi tumbuh sehat. Asi yang diberikan untuk bayi yang baru lahir tentu saja akan membantu bayi untuk tumbuh dengan lebih sehat.

Namun masalahnya adalah hampir semua ibu baru mengalami masalah asi yang kurang lancar. Padahal ada cara melancarkan air asi yang bisa dilakukan dengan mudah. Yaitu selalu kosongkan kedua payudara ketika Anda menyusui. Mengosongkan kedua payudara ketika menyusui akan merangsang produksi asi secara optimal. Payudara yang selalu kosong setelah disusui akan merangsang hormon prolaktin untuk kembali memproduksi asi dalam jumlah yang banyak. Cara melancarkan asi tersebut akan efektif untuk membantu payudara terisi kembali dan asi akan menjadi lebih lancar. Jumlah asi yang diproduksi juga akan semakin banyak ketika Anda rutin mengosongkan payudara ketika menyusui. Sebab hormon akan medeteksi bahwa kebutuhan asi bayi Anda sangat banyak.

Cara melancarkan air asi tersebut tentu saja akan sangat membantu bayi untuk dapat mengkonsumsi asi yang merupakan makanan yang paling lengkap gizinya untuk bayi. Namun jangan lupa bahwa ketika ibu sedang menyusui seimbangkan juga pola makan dan pola istirahat ibu supaya produksi asi menjadi lebih lancar. Menyusui dengan senang juga akan membantu ibu mengurangi tingkat stres dan depresi yang menimpa seorang ibu. Sehingga seorang ibu yang ingin asinya lancar usahakan untuk selalu menyusi sampai kedua payudara kosong secara bergantian kemudian menyusui dengan bahagia. Hal inilah yang tentu saja akan memperlancar produksi asi untuk bayi Anda dan membuat bayi Anda memiliki kecukupan gizi.